TUGAS 1 MATA KULIAH
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
TENTANG
"Hubungan dan Keterkaitan antara interaksi manusia dan komputer dengan disiplin ilmu "
DISUSUN OLEH :
ELPINA11531057
DIBIMBING OLEH :
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
TENTANG
"Hubungan dan Keterkaitan antara interaksi manusia dan komputer dengan disiplin ilmu "
DISUSUN OLEH :
ELPINA11531057
DIBIMBING OLEH :
Lutfiyah , S.Kom
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO
Hubungan dan Keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) dengan Bidang
Ilmu Lain
Apa
hubungan dan keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) dengan bidang
ilmu, seperti Ilmu Komputer dan Teknik Elektronika, Ergonomi, Antropologi,
Linguistik, Sosiologi, Perancangan Grafis, Desain, dan Tipografi, Intelijen
Buatan, serta Psikologi Kognitif?
Penjelasan:
Interaksi
manusia dan komputer merupakan disiplin ilmu yang mempelajari desain, evaluasi,
implementasi dari sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia,
beserta studi tentang faktor-faktor utama dalam lingkungan interaksinya.
Tujuan dari IMK,
antara lain:
- Menghasilkan
sistem yang bermanfaat (usable), memiliki manfaat dan mudah dioperasikan
oleh user.
- Fungsionalitas, fungsi-fungsi
yang ada dalam sistem yang dibuat sesuai dengan perencanaan.
- Keamanan (safe), apakah sistem
yg kita dibuat memiliki tingkat pengamanan data atau tidak.
- Efeektifitas dan Efisiensi,
berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya dan sistem yang
dibuat harus berfungsi dengan baik.
Berikut ini merupakan
uraian dan definisi beberapa bidang ilmu, antara lain:
- Ilmu Komputer dan Teknik Elektronika.Ilmu komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan menstransformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisis, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.Bidang ini berperan memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI.
- Ergonomimerupakan ilmu yang menitikberatkan pada pembahasan mengenai manusia sebagai elemen utama dalam suatu sistem kerja.Banyak definisi tentang ergonomi yang dikeluarkan oleh para pakar di bidangnya, antara lain sebagai berikut:
1.
A.
Manuaba.
Ergonomi adalah ”Ilmu” atau pendekatan multidisipliner yang bertujuan
mengoptimalkan sistem manusia-pekerjaannya, sehingga tercapai alat, cara dan
lingkungan kerja yang sehat, aman, nyaman, dan efisien (Manuaba, A., 2005).
2.
Iftikar
Z. Sutalaksana.
Iftikar Z. Sutalaksana dalam bukunya yang berjudul “Teknik Tata Cara Kerja”
menuliskan bahwa ergonomi adalah suatu cabang ilmu yang sistematis untuk
memanfaatkan informasi-informasi mengenai sifat, kemampuan, dan keterbatasan
manusia untuk merancang suatu sistem kerja sehingga orang dapat hidup dan
bekerja pada sistem itu dengan baik, yaitu mencapai tujuan yang diinginkan
melalui pekerjaan itu dengan efektif, aman, dan nyaman (Sutalaksana, 1979).
3.
Antropologi
adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat
suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan
orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang
berbeda dari apa yang dikenal di Eropa.
Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal,
tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama,
antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik
beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya.
4.
Linguistik
merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog
diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal
bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah, dan lain sebagainya.
5.
Sosiologi
berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, teman sedangkan
Logos berarti ilmu pengetahuan. Ungkapan ini dipublikasikan diungkapkan pertama
kalinya dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive"
karangan August Comte (1798-1857).
Walaupun banyak definisi tentang sosiologi namun umumnya sosiologi dikenal
sebagai ilmu
pengetahuan tentang masyarakat.
Masyarakat adalah sekelompok
individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki
budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan
perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya.
Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang
tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis
oleh orang lain atau umum.
6.
Perancangan
grafis, desain dan tipografi.
Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan
sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara manusia & komputer.
Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai
pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa
digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja,
"desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan
obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk
menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah
rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.
7.
Intelijen
Buatan (Artificial Intelligence)
merupakan kecerdasan atau kemampuan dari manusia yang diterapkan pada sebuah
entitas buatan. Biasanya sistem seperti ini dikenal sebagai komputer. Komputer
pada awalnya digunakan hanya untuk melakukan operasi hitung. Namun dengan
berkembangnya pikiran manusia serta kecerdasan manusia komputer dapat melakukan
kegiatan kegiatan yang bisa dilakukan oleh manusia.
8.
Psikologi
kognitif
adalah salah satu cabang dari psikologi dengan pendekatan kognitif untuk
memahami perilaku manusia. Psikologi kognitif mempelajari tentang cara manusia
menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang
suatu informasi.
9.
Philosophy
(filsafat)
adalah studi tentang masalah umum dan mendasar, seperti yang berhubungan dengan
eksistensi ,pengetahuan ,nilai ,akal,pikiran ,dan bahasa sehingga dapat
berperan untuk memberikan landasan filosofik dalam memahami berbagi konsep bagi
penerapan interaksi manusia dan komputer.
10.
Engineering
(teknik)
yaitu disiplin, seni, keterampilan, profesi dan teknologi memperoleh dan
menerapkan ilmu pengetahuan, matematika, ekonomi pengetahuan, sosial, dan
praktis, untuk merancang dan membangun struktur, mesin, perangkat, sistem,
bahan dan proses . dengan menguasai Teknik-teknik yang dapat digunakan dalam perancangan
user interface agar lebih efektif.
Suatu produk / program yang dibuat membutuhkan petunjuk manual agar orang yang
belum biasa menggunakan produk tersebut bisa mempelajari lebih dahulu sehingga
dapat terjadi interaksi yang baik antara orang itu dengan komputer.
Pembuatan suatu produk atau software haruslah efisien dalam perhitungan
matematika, Jika software bisa dijalankan oleh semua orang baik yang baru
belajar maupun yang sudah pakar unsur kemudahan dalam segi hitungan matematika
akan membuat software itu disukai oleh banyak orang.
11.
Social
and Organizational Psychology (Sosial dan psikologi organisasi)
yaitu memeriksa dan memahami masalah organisasi dari berbagai perspektif dan
konteks dari individu, kelompok, dan tingkat organisasi.dengan ini IMK dapat
sukses dalam pasar kerja yang beragam juga persaingan bisnis yang semakin ketat
dan cepat berubah saat ini.
Kesimpulan
Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa hubungan dan keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
dengan bidang ilmu yang telah dituliskan di atas adalah agar sistem komputer
yang dirancang oleh seorang perancang dapat bersifat akrab dan ramah dengan
penggunanya (user friendly). Sehingga, untuk mewujudkan dan membuat
antarmuka yang baik dibutuhkanlah pemahaman beberapa bidang ilmu
tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar